Konsultasi Pemasaran Digital Produk Kuliner UMKM “Oleh-Oleh Khas Jogja” di Desa Taman Sari
DOI:
https://doi.org/10.32670/ecoopsday.v3i2.2439Keywords:
Pemasaran Digital, Produk Kuliner, UMKMAbstract
Perkembangan jumlah UMKM yang ada di Indonesia terus meningkat secara pesat, khususnya kota Yogyakarta. Salah satu produk UMKM yang dikenal luas adalah produk kuliner (makanan). Akan tetapi, jumlah UMKM yang ada di Yogyakarta tidak sebanding dengan banyaknya pemasaran berbasis digital yang digunakan. Hal inilah yang mendorong penulis untuk memberikan aktivitas Pengabdian Kepada Masyarakat terhadap salah satu pelaku UMKM yang ada di Yogyakarta, yaitu dengan cara memberikan bimbingan konsultasi dan memperkenalkan cara melakukan strategi pemasaran secara digital. Adapun batasan yang dilakukan di dalam kegiatan ini adalah: 1. Kegiatan hanya dilakukan di salah satu UMKM Kuliner Yogyakarta; 2. Pemberian materi dan wawasan hanya mengenai pemasaran secara digital menggunakan platform bebas biaya yang sudah dikenal di masyarakat Indonesia. Dari beberapa metode pemasaran digital yang dijelaskan, maka penulis menyarankan untuk menggunakan platform yang mudah dan cepat seperti medial sosial Instagram, blog dan forum. Pemberian konsultasi materi ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan pengalaman baru terhadap penerima materi, yaitu pelaku UMKM “Oleh-oleh Khas Jogja”.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Sir Kalifatullah Ermaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.