Bimtek Manajemen Perkoperasian Bagi Pengurus Koperasi di Kabupaten Cimahi: Pelayanan Prima Dalam Koperasi

Authors

  • Nanik Risnawati Universitas Koperasi Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32670/ecoopsday.v3i2.2413

Keywords:

pelayanan prima, anggota pelanggan istimewa, customer delight

Abstract

Sebagai badan usaha seperti halnya badan usaha lainnya, koperasi dalam menjalankan usahanya juga dihadapkan dengan tingkat persaingan usaha, yang kian lama kian ketat. Oleh karena itu bisnis saat ini tidak cukup hanya menyediakan barang ataupun jasa yang diinginkan pelanggan, tetapi juga harus
menambahkan unsur nilai di dalamnya sebagai pembeda dari bisnis lainnya. Salah satu unsur pembeda tersebut bisa berupa pemberian pelayanan prima pada para pelanggan, sehingga pelanggan  merasa puas atas pelayanan yang diberikan oleh koperasi. Dalam koperasi kedudukan anggota sangatlah istimewa, karena anggota koperasi bukan saja merupakan pelanggan utama koperasi tetapi sekaligus juga merupakan pemilik perusahaan koperasinya. Oleh karenanya melayani pelanggan juga haruslah dilakukan dengan istimewa yang dibedakan dengan pelanggan non anggota. Jika koperasi berhasil membuat anggota merasa bahwa pelayanan yang diberikan koperasi sesuai dengan harapan anggota, maka anggota akan merasa puas (customer satisfaction). Kepuasan yang dirasakan oleh anggota dari pelayanan koperasi, akan berakibat anggota akan menjadi pelanggan yang loyal ( melakukan pembelian ulang, tidak mudah dipengaruhi oleh pihak lain, menceritakan hal-hal baik tentang koperasi pada orang lain, menjadi pelanggan yang fanatic. Dan jika ini terjadi maka anggota bisa menjadi ujung tombak promosi koperasinya melalui worth of mouth. Jika koperasi sudah berhasil melaksanakan tahapan ini yaitu membuat anggota merasa puas (customer satisfaction), maka koperasi jangan berhenti di level ini, karena dalam tingkatan pelayanan prima masih ada dua tingkatan diatas kepuasan pelanggan, yang disebut dengan customer surprise yaitu upaya untuk membuat pelanggan merasa terkejut dengan pelayanan prima koperasi dan customer delight, yaitu pemberian pelayanan prima yang diluar perkiraan pelanggan, karena istimewanya.

Downloads

Published

2022-10-18

How to Cite

Risnawati, N. . (2022). Bimtek Manajemen Perkoperasian Bagi Pengurus Koperasi di Kabupaten Cimahi: Pelayanan Prima Dalam Koperasi. E-Coops-Day, 3(2), 175 –. https://doi.org/10.32670/ecoopsday.v3i2.2413