Pelatihan Manajemen Pemasaran Barang dan Jasa Bagi Tenaga Pendamping UMKM di Timika-Papua

Authors

  • Nanik Risnawati Universitas Koperasi Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32670/ecoopsday.v3i1.1430

Keywords:

UMKM Indonesia Timur, Dampak Covid-19, Nilai Dan Customer Delight

Abstract

Pertumbuhan UMKM secara Nasional cukup positif dan mampu menyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia hingga 60,34 persen (tahun 2018).  Namun demikian, UMKM di Indonesia wilayah Timur secara umum kondisinya masih belum berkembang dengan baik.  Hadirnya pandemi Covid-19 turut memperparah kondisi UMKM di Indonesia Timur. Selain itu, Bank Dunia juga mencatat, terdapat sebanyak 86 persen pelaku UMKM mengalami penurunan penjualan di awal pandemi Covid-19. Sulitnya mendapatkan bahan baku  menghambat proses produksi, sulitnya memperoleh modal,  berkurangnya pelanggan hingga terhambatnya distribusi  merupakan dampak pandemic Covid-19 yang dirasakan berat bagi UMKM. Mensikapi kondisi tersebut, Pusat Inkubator Bisnis (PIBI) Universitas Koperasi Indonesia bekerjasama dengan Yayasan Pengembangan Masyarakat Amogme Komoro (YPMAK), bermaksud turut serta membantu UMKM Indonesia bagian Timur khususnya di Kabupaten Timika agar dapat bangkit, tumbuh sehat dan bahkan mungkin berkembang menghadapi Era New Normal pasca pandemic Covid-19 saat ini.  Bantuan tersebut dilakukan dengan cara mengirimkan tenaga konsultan pendamping, untuk dapat memberikan pendampingan usaha bagi UMKM di wilayah tersebut. Untuk membekali dan memperkuat pemahaman tenaga konsultan pendamping  dilakukannya pelatihan ini tentang upaya-upaya yang bisa dilakukan UMKM dalam pengembangan usaha di era New Normal saat ini. Salah satunya materi yang diberikan adalah manajemen pemasaran untuk barang dan jasa dengan menekankan pada konsep-konsep penting pemasaran dan upaya-upaya untuk memberikan pelayanan yang mampu melebihi ekspektasi pelanggan. Aktivitas pelatihan dilaksanakan dengan metode pendidikan orang dewasa, yaitu dengan memperbanyak sesi diskusi, sharing pengetahuan dan pengalaman. Terlihat peserta sangat antusias mengikuti jalannya pelatihan dan semua berperan aktif pada jalannya diskusi dan sharing session.  Secara keseluruhan pelatihan berjalan dengan baik. 

Downloads

Published

2022-03-23

How to Cite

Risnawati, N. . (2022). Pelatihan Manajemen Pemasaran Barang dan Jasa Bagi Tenaga Pendamping UMKM di Timika-Papua. E-Coops-Day, 3(1), 147–154. https://doi.org/10.32670/ecoopsday.v3i1.1430