Peningkatan Kompetensi Asesor Assessment Center Dinas Pendidikan Kota Bandung Untuk Mendukung Percepatan Peningkatan Rata-Rata Lama Sekolah (RLS)

Authors

  • Asep Saepudin Departemen Pendidikan Masyarakat FIP Universitas Pendidikan Indonesia
  • Viena Rusmiati Hasanah Departemen Pendidikan Masyarakat FIP Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ani Rindiani Asesor Assessment Center Disdik Kota Bandung

DOI:

https://doi.org/10.32670/ecoopsday.v3i1.1418

Keywords:

Kompetensi, Assessment Center, Rata-rata Lama Sekolah (RLS)

Abstract

Hasil belajar pendidikan nonformal dapat dihargai setara dengan hasil program pendidikan formal setelah melalui proses penilaian penyetaraan oleh lembaga yang ditunjuk oleh pemerintah atau pemerintah daerah dengan mengacu pada standar nasional pendidikan. Untuk itu, unit pelaksana penilaian pendidikan atau Assessment Center pendidikan sebagai metode sekaligus wadah yang bertugas melakukan pengukuran atas kemampuan dan atau hasil belajar seseorang posisinya menjadi sangat strategis. Asesor sebagai bagian integral dari Assessment Center pendidikan perlu memiliki kompetensi yang memadai sebagai pihak yang bertugas melakukan proses penilaian. Berdasarkan alur pemikiran tersebut, maka diperlukan kegiatan rekruitmen dan pelatihan peningkatan kompetensi Asesor Assessment Center untuk mendukung percepatan peningkatan Rata-rata Lama Sekolah (RLS) khususnya bagi masyarakat di Kota Bandung. Kegiatan pelatihan dilakukan melalui tahapan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi, dan pelaporan. Hasil akhir dari kegiatan pelatihan adalah adanya peningkatan kompetensi Asesor Assessment Center pada tiga ranah yakni pertama, ranah cognitive (pengetahuan) berupa pemahaman peserta pelatihan kaitannya dengan konsep dan prosedur penilaian Assessment Center menggunakan instrumen placement test, instrumen portofolio dan instrumen pindah jalur. Kedua, peningkatan afektif  (sikap) peserta pelatihan dalam kapasitasnya sebagai Asesor Assessment Center Dinas Pendidikan Kota Bandung yang selayaknya memiliki kode etik dan etos kerja sebagai Asesor. Ketiga, peningkatan psikomotor (skill/keterampilan) peserta pelatihan assessment center Dinas Pendidikan Kota Bandung berupa kemampuan keterampilan mengidentifikasi, menilai, menganalisis data dan melaporkan hasil penilaian secara terukur, terstruktur dan teratur sesuai pedoman penyelenggaraan Assessment Center.

Downloads

Published

2022-03-22

How to Cite

Saepudin, A. ., Rusmiati Hasanah, V. ., & Rindiani, A. . (2022). Peningkatan Kompetensi Asesor Assessment Center Dinas Pendidikan Kota Bandung Untuk Mendukung Percepatan Peningkatan Rata-Rata Lama Sekolah (RLS). E-Coops-Day, 3(1), 113–122. https://doi.org/10.32670/ecoopsday.v3i1.1418