Penguatan Layanan Pendidikan Berbasis Kebutuhan Masyarakat
DOI:
https://doi.org/10.32670/ecoopsday.v3i1.1412Keywords:
Penguatan, Layanan Pendidikan, Pendidikan Berbasis MasyarakatAbstract
Pendidikan berbasis kebutuhan masyarakat merupakan perkembangan yang dilakukan lebih lanjut dari pendidikan yang berbasis sekolah formal. Salah satu bentuk pelaksanaan pengabdian tersebut yakni dapat memberikan pelayanan pendidikan bagi masyarakat. Desa Lamajang ini memiliki karakteristik masyarakat yang cenderung homogen. Berdasarkan data tersebut juga ditemukan bahwa kebutuhan dari tiga Dusun yang berbeda yakni Dusun Cikajang, Dusun Karang Tengah, dan Dusun Cikondang membutuhkan penguatan layanan pendidikan yang hampir sama pula. Masyarakatnya terindikasi mengalami kekurangan penguatan dalam pendidikan. Misalnya kekurangan dalam penguatan pendidikan umum dan keagamaan dari segi membaca (literasi) serta menghafal Al-Qur’an. Tujuan pengabdian pada masyarakat dimaksudkan untuk memberikan penguatan dalam memenuhi pelayanan sesuai dengan kebutuhan masyarakat di setiap Dusunnya. Berdasarkan kegiatan dan data sekunder yang tersedia, layanan pendidikan di Desa Lamajang dilakukan dengan menggunakan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasilnya terdapat perkembangan yang diperoleh masyarakat dari setiap Dusunnya. Seperti peningkatan anak-anak dalam membaca Al-Qur’an dan menghafalnya. Kemudian peningkatan kebiasaan literasi pada anak, serta meningkatnya keberanian anak- anak untuk mampu berbicara dan tampil di depan umum.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Febryany Rachmawaty, Deti Nudiati, Ayu Saputri, Tazkia Mutiara Senja, Fatia Adhira Fauzi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.