Analisis Pengaruh Perizinan Online Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Perizinan Melalui Online Single Submission Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Barito Selatan
DOI:
https://doi.org/10.59188/covalue.v12i1.4883Keywords:
Perizinan Online, Komitmen Organisasi, Online Single Submission (OSS), Kualitas Pelayanan PerizinanAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh perizinan online dan komitmen organisasi terhadap kualitas pelayanan perizinan melalui Online Single Submission (OSS). Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode analisis jalur (Path Analysis) dengan variabel independen perizinan online dan komitmen organisasi, variabel dependen kualitas pelayanan perizinan, serta variabel intervening OSS. Sampel penelitian berjumlah 70 orang dengan teknik sampel jenuh, dan data dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara, serta observasi langsung. Analisis data dilakukan menggunakan Smart PLS versi 3.3.2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara langsung, perizinan online dan komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap OSS. Perizinan online juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan, sedangkan komitmen organisasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan. Secara tidak langsung, perizinan online dan komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan melalui OSS. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Barito Selatan dalam meningkatkan kualitas pelayanan perizinan berbasis OSS.
References
Ghozali, I. (2012). Partial Least Square ( Konsep, Teknik dan Aplikasi SmartPLS3.0).
Fadhilah, A. N. (2019). Implementasi Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik Online Single Submission (OSS) Studi Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Dpmptsp) Kabupaten Nganjuk. Jurnal Mahasiswa Unesa.
Hadi, N., Al Saudi, I., & Syahid, A. (2021). Pengaruh Penyertaan Modal Ventura Terhadap Pendapatan Ppu Di Palangka Raya Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Syariah. Finansha-Journal of Sharia Financial Management, 1(2).
Hamidah. (2008) Perilaku Konsumen Dan Tindakan Pemasaran.
Handi, I. (2004). Indonesia Customer Satisfication Index. Frontier.
Hardiansyah .(2011). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.
Indayati, D. S. S. (2015). Keefektifan Program Paket Perizinan Online dalam Meningkatkan Pelayanan Perizinan Investasi di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik. 3(3).
Ismiyarto; Suwitri, Sri; Warella, Y.; Sundarso. (2015). Organizational culture, motivation, job satisfaction and performance of employees toward the implementation of internal bureaucracy reform in the Ministry for the empowerment of state apparatus and bureaucracy reform (The Ministry of PANRB). J. Mgmt. & Sustainability, 5, 192.
Kasiram, M. (2008). Metodologi Penelitian. Malang: UIN-Malang Pers.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2002). Marketing: An Introduction, 3rd Edition, New Jersey: Prentice-Hall Inc.
Kotler, P., & Keller.K. L. (2007). Manajemen sumber daya manusia, Analisis, Prencanaan, Implemtansi, dan Pengendalian, Terjemahan Buku Satu dan Dua, Salemba Empat
Lupiyoadi. (2004). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Mauludin, H. (2010). Essay: Analisis Kualitas Pelayanan, pengaruhnya terhadap Citra (Image) Rumah Sakit.
Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). Servqual: A multiple-item scale for measuring consumer perc. Journal of retailing, 64(1), 12.
Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 tahun 2018 mengenai perijinan berusaha melalui Oneline Single Submission (OSS)
Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 tahun 2018 tentang perijinan berusaha melalui One Single Submission (OSS)
Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 91 Tahun 2017 Tentang Pemanfaatan Teknologi Digital
Prasojo, E. (2020). Penyederhanaan Birokrasi. Makalah Presentasi Rapat Koordinasi Penyederhanaan Birokrasi di Daerah. Universitas Indonesia.
Pudyatmoko, Y. S. (2009). Perizinan Problem Dan Upaya Pembenahan. Jakarta:Grasindo.
Pujawan, I N. (2010). Supply chain management Edisi Kedua. Surabaya : Guna Widya.
Pusat Bahasa Depdikbud. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Ketiga. Jakarta : Balai Pustaka. Hal : 447
Sari, P. P. (2018). Pemanfaatan Teknologi Digital Sebagai Percepatan Berusaha Oleh Ekonomi Kreatif. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 7(3), 135-144.
Riduwan. (2014). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Singarimbun, M., & Efendi S., (2005). Metode Penelitian Survey.Pustaka. LPJES.
Tjiptono, F. C., & Teguh, B. (2010). Pemasaran Internasional, Edisi 1. Yogyakarta: BPFE.
Umar, H. (2005). Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama
Widuta, A. (2018). Penerapan Aplikasi Pelayanan Perizinan Online di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Pemalang. Diunggah dari https://ejournal3. undip. ac. id/index. php/jpgs/article/download/21943/20191 diakses pada tanggal, 16.
Yamit, Z. (2005). Manajemen kualitas produk dan jasa. Yogyakarta: Ekonisia,
Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2018). Services marketing: Integrating customer focus across the firm. McGraw-Hill.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Co-Value Jurnal Ekonomi Koperasi dan kewirausahaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.