Analisis Pengaruh Bukti Fisik, Kehandalan, Daya Tanggap, Kepedulian, Dan Jaminan Terhadap Kinerja Aparatur Kepolisian Direktorat Reskrimsus Polda Kalsel
DOI:
https://doi.org/10.59188/covalue.v12i1.4880Keywords:
Daya Fisik, Kehandalan, Daya Tanggap, Kepedulian, Jaminan, KerjaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, kepedulian dan jaminan terhadap kinerja direktorat reserse kriminal khusus kepolisian daerah kalimantan selatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data primer yaitu data dari sumber utama dan diperoleh melalui kuesioner yang dibagikan kepada masyakat sampel yang digunakan sebanyak 154 personel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Variabel Bukti fisik secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Aparatur Kepolisian Direktorat Reskrimsus POLDA KALSEL. Sedangkan Variabel Kehandalan, daya tanggap, kepedulian, jaminan, secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Aparatur Kepolisian Direktorat Reskrimsus POLDA KALSEL. Variabel bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, kepedulian, jaminan secara bersama-sama berpengaruh kinerja Aparatur Kepolisian Direktorat Reskrimsus POLDA KALSEL.
References
Abdullah, M M. (2014). Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Bakti, L. O. A. (2018). Pengaruh Profesionalisme Aparat Kualitas Pelayanan Pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Kediri. Jurnal Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.
Bangun, W. (2012) “Manajemen Sumber Daya Manusia”. Erlangga. Jakarta
Fadhil, M. (2016). Pengaruh kompetensi sumber daya manusia terhadap kinerja pegawai pada balai latihan kerja industri Makassar. Perspektif: Jurnal Pengembangan Sumber Daya Insani, 1(1), 70-81.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS. SemaraBadan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang
Gie, T. L. (2000). Administrasi Perkantoran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Hasibuan, M. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara Prawirosentono.
https://id.wikipedia.org/wiki/Kepolisian_daerah (diakses tanggal 20 Maret 2022)
Jasfar, F. (2005). Teori dan Aplikasi Sembilan Kunci Keberhasilan Bisnis Jasa: Sumber Daya Manusia, Inovasi, dan Kepuasan Pelanggan. Salemba Empat. Jakarta
Junaidi. (2010). Statistika Non-Parametrik. Fakultas Ekonomi Universitas Jambi. Jambi.
Kadir, A. (2021). Analisis Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Kerja Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tapin Di Rantau. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(2), 750-758.
Kotler, P. (2008). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks.
Lupiyoadi. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.
Mangkunegara, A. P. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Moeheriono. (2012). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Nawawi, H. (2006). Evaluasi dan manajemen kinerja di lingkungan perusahaan dan industri. Yogyakarta: Gadjah Mada Univercity Press.
Poewadarminta, W. J. S. (1986). Kamus Besar Umum Indonesia. Balai Pustaka. Jakarta.
Rahmadana, M. F., Mawati, A. T., Siagian, N., Perangin-Angin, M. A., Refelino, J., Tojiri, M., ... & Bahri, S. (2020). Pelayanan Publik.
Riadi, M., & Kurniawati, D. (2022). Presisi sebagai Inovasi dan Strategi Membangun Citra Kepolisian Daerah Sumatera Utara. Perspektif, 11(4), 1569-1581.
Rifai, E. (2018). Model Pelaksanaan Pemolisian Masyarakat (POLMAS) Oleh FKPM Dalam Menciptakan Kamtibmas Di Kota Bandar Lampung. Cepalo, 2(1), 43-54.
Rukayat, Y. (2017). Kualitas pelayanan publik bidang administrasi kependudukan di kecamatan pasirjambu. Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi, 11(2).
Saleh, A. M. (2010). Manajemen Pelayanan. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Sedarmayanti. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kejra. Bandung: Mandar Maju.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R$D. Bandung: Alfabeta.
Sutrisno, E. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetak Ke Enam. Jakarta: Pranada Media Group.
Sutrisno, E., & Mariyono, J. (2016). Pengaruh Kualitas Pepelayanan dan Kinerja Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat. Multiplier: Jurnal Magister Manajemen, 1(1), 66-83.
Tjiptono, F. (2004). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: Andi Offset.
Wahyono, W. (2011). Dinamika Fungsi Kepolisian Dan Hubungannya Dengan Program Perpolisian Masyarakat. Perspektif, 16(3), 160-172.
Wibowo. (2010). Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Co-Value Jurnal Ekonomi Koperasi dan kewirausahaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.