Penggunaan Media Sosial dalam Mendukung Kinerja Pemasaran: Evaluasi Dampak Value Co-Creation dan Produktivitas Kerja

Authors

  • Ratih Indriyani Universitas Kristen Petra
  • Agnes Renatha Dewi Universitas Kristen Petra
  • Sesilya Kempa Universitas Kristen Petra

DOI:

https://doi.org/10.59188/covalue.v15i6.4860

Keywords:

penggunaan media sosial, kinerja pemasaran, kreasi bersama nilai, produktivitas kerja

Abstract

UMKM sebaiknya meningkatkan kinerja pemasaran untuk mendukung strategi bersaingnya. Pada era digital ini pemasaran menggunakan media sosial dapat membantu bisnis meningkatkan kinerja pemasarannya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Social media usage terhadap Marketing Performance melalui value co-creation dan Work Productivity pada UMKM. Penelitian ini menggunakan jenis  penelitian kuantitatif dengan pendekatan metode survei. Penelitian ini menggunakan menggunakan teknik purposive sampling sebagai tehnik pengambilan sampel. Populasi dari penelitian ini adalah pemilik UMKM di Sidoarjo yang menggunakan media sosial dan sudah beroperasi minimal 1 tahun. Teknik pengolahan data menggunakan software Smart PLS. Hasil penelitian menunjukan bahwa Social media usage memiliki pengaruh signifikan terhadap value co creation dan work productivity. Di sisi lain,  value co-creation dan Work Productivity berpengaruh secara signifikan terhadap marketing performance, sedangkan Social media usage tidak berpengaruh signifikan terhadap marketing performance. Implikasi penelitian ini menunjukkan pentingnya optimalisasi strategi media sosial untuk meningkatkan interaksi dengan konsumen serta efisiensi kerja UMKM dalam meningkatkan daya saing dan keberlanjutan usaha. Hasil ini diharapkan dapat memberikan wawasan praktis bagi pelaku UMKM dalam memaksimalkan media sosial sebagai alat pemasaran.

Downloads

Published

2024-11-24