Pengaruh Budaya Keselamatan Pasien dan Mutu Pelayanan Laboratorium Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien di Labkesda Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.59188/covalue.v15i4.4738Keywords:
budaya keselamatan pasien, mutu pelayanan, kepuasan pasien, laboratorium kesehatanAbstract
Kepuasan pasien adalah aspek kunci pelayanan kesehatan, dan telah ditunjukkan bahwa terdapat korelasi yang kuat antara perlakuan petugas kesehatan dengan kepuasan pasien. Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator mutu pelayanan Kesehatan Kunci pelayanan laboratorium adalah memenuhi atau melebihi harapan pasien tentang mutu pelayanan yang diterimanya. Mutu pelayanan kesehatan merupakan tingkat kesempurnaan dalam pelayanan yang dilakukan dan dilaksanakan dengan standar yang telah berlaku yang bersifat multidimensi. Keselamatan Pasien adalah sistem yang dikembangkan untuk pelayanan pasien lebih aman dengan meningkatkan penilaian risiko, mengidentifikasi dan mengelola risiko pasien, serta melaporkan dan menganalisis insiden, serta meminimalisir munculnya risiko dan mencegah terjadinya cedera yang disebabkan dari kesalahan akibat tindakan yang diberikan atau tindakan yang memang tidak harus di lakukan atau diambil. Keselamatan pasien merupakan kewajiban semua pihak yang terkait dengan pemberi pelayanan kesehatan. Melalui program keselamatan pasien dengan prioritas pada penguatan kepemimpinan dan fungsi manajemen, penerapan budaya keselamatan di pelayanan serta peningkatan pengetahuan tentang keselamatan pasien akan mampu meningkatkan kualitas dan keselamatan pasien (Etherington dkk, 2020). Penelitian ini menggambarkan terdapat hubungan atau korelasi antara budaya keselamatan pasien dan mutu pelayanan laboratorium dengan kepuasan pasien terhadap pelayanan di Labkesda Kota Jambi.