Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Students Team Achievement Division (STAD) terhadap Keaktifan Belajar Siswa di Smp Katolik Santo Rafael Manado
DOI:
https://doi.org/10.59188/covalue.v15i4.4728Keywords:
pembelajaran kooperatif tipe STAD, pembelajaran aktif, keaktifan siswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe Students Team Achievement Division STAD Terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2024 di SMP Katolik Santo Rafael Manado. Responden dalam penelitian ini adalah siswa-siswa di SMP Katolik Santo Rafael Manado. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 159 yang diambil dari jumlah populasi 225 siswa di SMP Katolik Santo Rafael Manado. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner (angket) dengan alternatif jawaban: sangat setuju (4), setuju (3, kurang setuju (2), dan tidak setuju (1). Penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe Students Team Achievement Division STAD terhadap keaktifan belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil f hitung 47.144 dengan signifikansi sebesar 0,000<0,005, dan nilai korelasi sebesar 0,484 dengan koefisiensi determinasi 23,4 %. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang rendah dan signifikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap keaktifan belajar siswa di SMP.