Pengaruh Corporate Social Responsibility, Profitability, Leverage, dan Independent Commissioner terhadap Tax avoidance pada Industri Barang Konsumen Primer
DOI:
https://doi.org/10.59188/covalue.v15i4.4721Keywords:
corporate social responsibility, profitabilitas, leverage, komisaris independen, penghindaran pajakAbstract
Penghindaran pajak merupakan isu yang krusial, terutama dalam industri yang memiliki dampak finansial signifikan, seperti sektor barang konsumsi primer. Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR), Profitabilitas, Leverage, dan Komisaris Independen terhadap penghindaran pajak pada perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2018 hingga 2022. Tujuan penelitian ini yaitu guna mengetahui bagaimana aspek-aspek tersebut berkontribusi terhadap perilaku penghindaran pajak perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model regresi linier berganda guna menganalisis data sekunder yang dikumpulkan dari 167 perusahaan di sektor tersebut. Hasil penelitian menjelaskan bahwa CSR tidak mempunyai dampak signifikan terhadap penghindaran pajak, sementara profitabilitas berhubungan negatif dengan penghindaran pajak, yang menjelaskan bahwa perusahaan dengan profitabilitas tinggi cenderung lebih patuh terhadap peraturan perpajakan. Leverage memiliki hubungan positif dengan penghindaran pajak, yang berarti perusahaan dengan tingkat utang yang lebih tinggi lebih cenderung terlibat dalam strategi pengurangan pajak. Namun, komisaris independen tidak mempunyai dampak signifikan terhadap praktik penghindaran pajak. Temuan ini memberikan kontribusi terhadap pemahaman yang lebih luas tentang perilaku perpajakan perusahaan dan memberikan wawasan bagi para pemangku kepentingan dalam proses pengambilan keputusan.