Implementasi Partnership dan Public Relation untuk meningkatkan Kesadaran Kawasan Hutan Lindung Perhutani KPH Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.59188/covalue.v15i3.4664Keywords:
awareness, partnership, public relation, kawasan hutan lindungAbstract
Pelaksanaan magang ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah yang dilakukan oleh Perum Perhutani KPH Surakarta dalam meningkatkan brand awareness pada kawasan hutan lindung melalui partnership dan public relation. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, dan analisis data kualitatif Miles, Huberman dan Saldana. Wawancara dilakukan oleh narasumber yang merupakan ketua divisi pengembangan bisnis KPH Surakarta. Hasil dari tugas akhir magang ini menunjukkan bahwa Perum Perhutani KPH Surakarta telah melakukan implementasi kegiatan dari strategi partnership seperti Kemitraan strategis dalam pengembangan destinasi wisata dengan berbagai pihak seperti LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan), pengelola wisata, DISPARPORA, serta masyarakat lokal dan public relation berupa komunikasi sosial dengan berbagai pihak terkait, melakukan aktivitas di media sosial, serta penyelenggaraan event edukasi dan workshop bersama masyarakat dan institusi pendidikan. Implementasi tersebut terbukti telah efektif dalam meningkatkan awareness dari unaware of brand menjadi brand recognition (pengenalan merek) serta bisa mendatangkan mitra bisnis yang potensial. Dengan memperkuat strategi komunikasi serta penggunaan sosial media yang baik maka tingkat kesadaran memiliki peluang untuk bisa ke tingkat yang lebih tinggi yaitu top of mind.