Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pasien Rawat Jalan
Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kepuasan, LoyalitasAbstract
Kualitas Pelayanan sangat berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dalam hal ini pasien penerima jasa pelayanan di rumah sakit. Dampak dari kepuasan pasien adalah loyalitas pasien terhadap rumah sakit tersebut. Loyalitas pasien dipengaruhi oleh kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan secara keseluruhan dimana pasien yang merasa puas akan kembali menggunakan jasa pelayanan, serta merekomendasikan kepada orang lain. Guna pencapaian kualitas pelayanan yang optimal, maka diperlukan pengembangan yang diarahkan terhadap peningkatan mutu dan kualitas pelayanan yang prima yang dapat terukur dari tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diterima. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana gambaran, pengaruh dan hubungan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan serta dampaknya terhadap loyalitas pasien rawat jalan di RSUD Cideres Kabupaten Majalengka. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitaitf dengan pendekatan path analisis dengan SPSS dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan kualitas pelayanan rumah sakit memberikan kontribusi atau terhadap kepuasan pasien sebesar 55,6% dan 44.4% dipengaruhi faktor variabel lain, kepuasan pasien memberikan kontribusi atau pengaruh terhadap loyalitas sebesar 79,4%.dan 20.6% dipengaruhi faktor variabel lain, kualitas pelayanan rumah sakit memberikan kontribusi atau pengaruh terhadap loyalitas sebesar 51.8% dan 48,2% dipengaruhi faktor variabel lain.