Analisis Strategi Marketing Olahan Smoothies Pakcoy pada Pelaku UMKM Desa Panjalu di Kabupaten Ciamis
DOI:
https://doi.org/10.59188/covalue.v15i3.4631Keywords:
UMKM, smoothies pakcoy, desa panjaluAbstract
Sektor UMKM terus menunjukkan kontribusi tertinggi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) dibandingkan dengan sektor lainnya. Di Kabupaten Ciamis, khususnya di Desa Panjalu, terdapat banyak pelaku UMKM yang harus mampu menentukan strategi yang tepat untuk dijalankan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami strategi pemasaran yang diterapkan oleh para pelaku UMKM di Desa Panjalu, Kabupaten Ciamis, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Strategi pemasaran yang dilakukan secara konsisten dapat membantu usaha tersebut berkembang lebih baik. Peningkatan kualitas produk memungkinkan UMKM bersaing dengan perusahaan telur ayam kampung lainnya. Berdasarkan data yang dikumpulkan, dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan oleh pelaku UMKM di Desa Panjalu cukup efektif, terlihat dari peningkatan produksi dan penjualan produk setiap tahunnya. Temuan penelitian ini juga dapat menjadi acuan bagi UMKM lain dalam menerapkan strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan daya saing produk. Selain itu, penelitian ini berkontribusi pada pengembangan literatur tentang strategi pemasaran pada UMKM di Indonesia.