Peran kompetensi dan disiplin kerja pegawai terhadap peningkatan kualitas layanan yang berimplikasi terhadap kepuasan pasien
Keywords:
Kualitas Layanan, Disiplin kerja, Kepuasan PasienAbstract
Layanan kesehatan yang berkualitas adalah kebutuhan penting bagi pasien, dan kualitasnya tidak hanya bergantung pada fasilitas dan teknologi medis yang canggih, tetapi juga pada kompetensi dan disiplin kerja pegawai Puskesmas. Sebagai penyedia layanan kesehatan publik, Puskesmas harus memiliki sumber daya manusia yang mampu memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat untuk meningkatkan kualitas layanan. Puskesmas Harapan, yang mudah diakses oleh masyarakat, menghadapi berbagai tantangan, termasuk keluhan pasien terhadap layanan. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi peran kompetensi dan disiplin kerja pegawai dalam implikasi kualitas layanan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif verifikatif. Pengumpulan data menggunakan instrument kuesioner. Sampel pada penelitian ini adalah pasien yang diambil dengan Teknik probability sampling menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh antara kompetensi dan disiplin kerja terhadap kualitas layanan dan juga terdapat pengaruh antara kompetensi dan disiplin kerja terhadap kepuasan pasien. Hal ini menekankan pentingnya upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kompetensi pegawai dan disiplin kerja guna memastikan pelayanan kesehatan berkualitas tinggi dan meningkatkan tingkat kepuasan pasien.