Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Ekonomi Kreatif di Kabupaten Kapuas Hulu
DOI:
https://doi.org/10.59188/covalue.v15i2.4602Keywords:
strategi, pengembangan, umkm, ekonomi kreatifAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan guna memahami beragam informasi yang berhubungan terhadap UMKM dengan basis perekonomian kreatif pada Kabupaten Kapuas Hulu. UMKM yang memakai strategi inovatif dinilai dapat menggembangkan SDM dibekali keilmuan, daya kreatif, inovasi, serta dapat menggembangkan ketrampilan yang dipunyai pada pekerjaan. Pada studi berikut UMKM tersebut Kabupaten Kapuas Hulu telah sukses memperoleh kategori Best of the Best dalam Inacraft Award periode 2022. Tetapi, UMKM kain tenun sidan berikut lebih banyak digemari bangsa tetanggan Malayasi dibanding pada Indonesia. Studi berikut memakai teknik kualitatif, melalui data primer yang didapatkan melalui pelaksana UMKM kain tenun sidan. Data sekunder didapatkan melalui Dinas UMKM. Perolehan studi menampilkan bahwasanya UMKM kreatif pada Kapuas Hulum mendapati permasalahan pada pengembangan bisnisnya. Perihal tersebut merujuk kepada kain tenun sidan yang lebih banyak digemari bangsa Malyasia dibanding Indonesia dikarenakan kain tenun sidan yang berasalkan melalui beragam perbatasan Indonesia serta Malayasia daerah Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat. Hingga UMKM kain tenun sidan berikut tidaklah begitu laku pada pasar domestik, serta bisa saja diminta Malaysia untuk diproduksi. Permasalahan yang ditemui UMKM kreatif pada Kapuas Hulu ialah permasalahan pemasaran serta HAKI. UMKM dengan basis ekonomi kreatif memerlukan birokrasi melalui beragam pihak guna meraih kemajuan pada sektor koperasih. Bukanlah sekedar pemerintahan serta UMKM saja yang memiliki peran pada perihal berikut, namun juga khalayak mesti ikut serta.