Analisis Penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) (Studi Kasus di SMP Swasta Gembala Baik Tahun 2012)

Authors

  • Danar Wiratmoko Widya Dharma Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.59188/covalue.v15i2.4547

Keywords:

bantuan operasional sekolah, penggunaan dana, pertanggungjawaban

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah di Sekolah Swasta SMP Gembala Baik dan apakah penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah di Sekolah Swasta SMP Gembala Baik telah sesuai dengan pedoman Permendiknas No. 51 Tahun 2011. Penggunaan dana BOS terbagi dalam 13 komponen pembiayaan seperti buku, penerimaan siswa baru, pembiayaan pelajaran, biaya ulangan dan ujian, pembelian barang habis pakai, langganan daya dan jasa, perawatan sekolah, tenaga pendidikan dan tenaga honorer, pengembangan profesi guru, membantu siswa miskin, pengelolaan dana BOS, pembelian perangkat komputer dan biaya lainnya. Sekolah yang telah menjalankan 13 komponen pembiayaan diharuskan membuat pertanggungjawaban dalam penggunaan dana BOS dengan membuat RKAS, realisasi penggunaan tiap anggaran, pembukuan, dan bukti pengeluaran. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif dengan pendekatan Kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan melalui wawancara kepada bendahara SMP Swasta Gembala Baik yang terlibat langsung dalam menyusun laporan penggunaan dana BOS dan didukung dengan dokumentasi. Penggunaan dana BOS di SMP Swasta Gembala Baik tahun 2012 dilaksanakan dengan baik dan telah sesuai dengan pedoman peraturan yang berlaku. Untuk kedepannya diharapkan bendahara Sekolah SMP Gembala Baik harus dapat lebih optimal dalam menyusun laporan penggunaan dana BOS.

Downloads

Published

2024-07-31