Pengaruh Job Crafting dan Person Job Fit terhadap Kinerja Karyawan Dimediasi Work Engagement pada Perusahaan Startup
DOI:
https://doi.org/10.59188/covalue.v15i2.4514Keywords:
job crafting, person job fit, work engagementAbstract
Kinerja karyawan di Indonesia masih tergolong rendah dan perlu ditingkatkan seiring dengan meningkatnya persaingan.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Job Crafting dan Person Job Fit terhadap Work Engagement dan kinerja karyawan PT. Amalan International, serta peran mediasi Work Engagement. Penelitian menggunakan metode eksplanatori kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Job Crafting dan Person Job Fit secara signifikan berpengaruh positif terhadap Work Engagement dan kinerja. Path coefficient untuk pengaruh Job Crafting terhadap Work Engagement adalah 0,266 (p-value = 0,000), dan terhadap kinerja adalah 0,260 (p-value = 0,001). Path coefficient untuk pengaruh Person Job Fit terhadap Work Engagement adalah 0,471 (p-value = 0,000), dan terhadap kinerja adalah 0,172 (p-value = 0,049). Work Engagement juga berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja dengan path coefficient sebesar 0,191 (p-value = 0,049). Selain itu, Work Engagement memediasi hubungan antara Job Crafting dan kinerja (path coefficient = 0,071, p-value = 0,042) serta antara Person Job Fit dan kinerja (path coefficient = 0,090, p-value = 0,036). Dengan demikian, peningkatan Job Crafting dan Person Job Fit dapat meningkatkan Work Engagement dan kinerja karyawan.