Pengaruh Analisis Biaya Produksi terhadap Profitabilitas pada Target Marketing CV. Syafa
DOI:
https://doi.org/10.59188/covalue.v15i2.4498Keywords:
Kinerja Keuangan, Rasio Profitabilitas, ROA, ROE, GPMAbstract
Profitabilitas merupakan ukuran keberhasilan perusahaan dalam menjalankan usahnya. Profitabilitas yang tinggi menunjukkan bahwa perusahaan telah berhasil menghasilkan laba yang besar dari kegiatan usahanya dan dinyatakan dalam persentase. Rasio profitabilitas dapat digunakan untuk menganalisis trend dkinerja perusahaan dari waktu ke waktu. Hak ini dapat membantu perusahaan untuk mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat profitabilitas sebagai faktor penentu kinerja keuangan CV. Syafa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Sumber data yang diperoleh berdasarkan data sekunder. Tingkat profitabilitas CV. Syafa dapat diukur dengan menggunakan laporan laba rugi setiap bulan. Laporan laba rugi tersebut dapat dianalisis menggunakan metode Return On Assets (ROA), Gross Profit Margin (GPM) dan Return on Equity (ROE). Berdasarkan hasil analisis menggunakan metode Gross Profit Margin (GPM), Direktur CV. Syafa perlu meningkatkan kemampuan pengelolaan pendapatannya secara cermat dan efisien untuk mempertahankan kinerja keuangannya terutama gross profit margin pada tingkat yang tinggi atau bahkan lebih tinggi. Hal ini dapat dilakukan dengan meningkatkan pendapatan dan mengurangi biaya-biaya secara efisien tanpa mengurangi kualitas produknya.