Peran Komunikasi Tim Kreatif dalam Proses Produksi Program Makan di Rumah FlipFlopTV
DOI:
https://doi.org/10.59188/covalue.v15i01.4438Keywords:
Tim Kreatif, Komunikasi, Program MakanAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peran komunikasi organisasi dan kegiatan tim kreatif dalam proses praproduksi, produksi, dan pasca produksi serta hambatan-hambatan yang dialami tim kreatif dalam program “Makan Di Rumah” FlipFlopTV. Metode penulisan yang digunakan berupa tulisan deskriptif yang akan memaparkan peran dan kegiatan tim kreatif dalam tahapan produksi program “Makan Di Rumah” FlipFlopTV. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil observasi menunjukkan bahwa peran tim kreatif dalam proses praproduksi adalah sebagai otak, dengan tugas membuat konten, mencari bintang tamu, membuat rundown dan breakdown wardrobe & make up. Pada tahap produksi, peran tim kreatif adalah sebagai leader, dengan tugas mengatur jalannya program dari awal sampai akhir, membriefing host dan bintang tamu, serta memastikan proses shooting sesuai dengan rundown yang telah dibuat. Pada tahap pasca produksi, peran tim kreatif adalah sebagai controller, dengan tugas membuat daily report & weekly report, serta mengontrol proses editing. Simpulan dalam observasi ini adalah tim kreatif memiliki peran yang sangat penting dalam pembuatan konten program. Tim kreatif sudah melakukan tugasnya dengan baik, namun kekreatifan dari tim kreatif harus ditingkatkan dari waktu ke waktu.