Inovasi Bisnis Koperasi Konsumen Berbasis Syariah di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.59188/covalue.v14i11.4323Keywords:
Koperasi Konsumen, Maqashid Syariah, Tata Kelola, Analisis SWOTAbstract
Penelitian ini menyajikan rencana bisnis untuk mendirikan program koperasi konsumen yang berlandaskan prinsip-prinsip Syariah, dengan Maqasid Syariah sebagai landasannya, dan menekankan pada penerapan akuntansi Syariah serta praktik tata kelola yang baik di dalam Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI). Inisiatif yang diusulkan berdasarkan hasil dari analisis SWOT dengan tujuan untuk mengintegrasikan perilaku bisnis etis, praktik keuangan sesuai Syariah, dan tata kelola yang berkelanjutan ke dalam lingkungan Perguruan Tinggi Swasta, serta mendorong pemberdayaan ekonomi dan tanggung jawab sosial di antara pemangku kepentingan. Dengan memanfaatkan prinsip-prinsip Maqasid Syariah dalam lima hal, yaitu agama, jiwa, akal, keturunan dan harta yang memprioritaskan pemeliharaan iman, kehidupan, intelektualitas, keturunan, dan kekayaan, koperasi ini bertujuan untuk menciptakan entitas bisnis yang selaras dengan nilai-nilai Islam. Selain itu, rencana bisnis ini menekankan pentingnya tata kelola yang berkelanjutan, yang memastikan transparansi, akuntabilitas, dan keberlanjutan jangka panjang. Metodelogi penelitian ini adalah metode kualitatif dengan literature review yang merujuk dan bersumber dari artikel ilmiah dan penelitian terbaru, maka penelitian ini menyediakan kerangka yang kokoh untuk mengimplementasikan dan mengelola program koperasi konsumen berbasis Syariah di STEI.