Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Membawa Re-Usable Shopping bag ketika Berbelanja di Kalangan Masyarakat di Indonesia
Keywords:
Green Attitude, Affect, Facilitating Condition dan Social Factor, Intention dan BehaviorAbstract
Indonesia adalah salah satu negara terbesar dalam menyumbang sampah plastik ke laut, dengan jumlah mencapai 56 ribu ton pada tahun 2021. Meskipun upaya pengurangan sampah plastik telah dilakukan di negara maju, implementasinya masih terbatas di negara berkembang seperti Indonesia. Tujuan penelitian ini berdasarkan catatan World Population Review sampah Plastik di laut Indonesia mencapai 56 ribu ton pada tahun 2021 dan menduduki peringkat ke 6 dari 10 negara teratas penyumbang sampah Plastik ke laut. Mengingat penelitian tentang upaya pengurangan sampah Plastik telah banyak dilakukan di negara maju, namun belum banyak dilaksanakan di negara berkembang maka dirasa perlu untuk dilakukan penelitian mengenai: “ Faktor- faktor yang mempengaruhi perilaku membawa re-usable shopping bag ketika berbelanja di kalangan masyarakat di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kausal, dan dengan menggunakan sampel sebanyak 150 responden namun yang layak olah hanya sebanyak 137. Data yang telerkumpul dianalisis dengan menggunakan WRAPPLS. Hasil penelitian menunjukkan Dari 7 (tujuh ) hipotesis yang diuji diperoleh hasil bahwa Hipotesis 2 (Affect berpengaruh terhadap Intention) menunjukkan koefisien jalur sebesar 0,069 dan dengan p-value sebesar 0,182. Nilai p-value ini lebih besar dari 0,05 yang berarti hipotesis 2 ditolak. Sedangkan ke-6 hipotesis lainnya diterima. Orijinalitas: di dalam penelitian ini digunakan Theory Interpersonal Behaviorr (TIB) dengan menambahkan pengujian pengaruh langsung variable bebas Green Attitude (X1) dan Social Factor (X4) terhadap Behavior (Y2).