Pengaruh Agresivitas Pajak dan Growth Opportunity terhadap Nilai Perusahaan dengan Leverage Sebagai Pemoderasi
DOI:
https://doi.org/10.59188/covalue.v14i10.4277Keywords:
pajak, growth opportunity, Leverage, Nilai PerusahaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh agresivitas pajak, growth opportunity, dan leverage sebagai pemoderasi terhadap nilai perusahaan pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di bursa efek indonesia selama periode 2020-2022. Metode regresi data panel, khususnya pendekatan Fix effect model, digunakan untuk mengestimasi hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa agresifitas pajak memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, growth opportunity dan leverage memiliki pengaruh positif yang signifikan. Hasil lainnya menunjukkan bahwa leverage dapat memperkuat hubungan antara agresivitas pajak terhadap nilai perusahaan, tatapi leverage tidak dapat memperkuat hubungan antara growth opportunity terhadap nilai perusahaan. Implikasi penelitian ini memberikan wawasan bagi manajemen perusahaan terkait strategi pajak, pertumbuhan, dan pengelolaan kebijakan keuangan untuk meningkatkan nilai perusahaan. Meskipun demikian, temuan ini memiliki keterbatasan dan perlu diinterpretasikan dengan hati-hati. Penelitian selanjutnya dapat memperluas cakupan dan mempertimbangkan faktor-faktor tambahan yang memengaruhi nilai perusahaan.