Online Shopping Habit Dalam Minat Beli Ulang melalui Marketplace
DOI:
https://doi.org/10.59188/covalue.v14i10.4272Keywords:
e-WOM, perceived convenience, perceived value, satisfaction, trustAbstract
Niat beli ulang pelanggan sangat penting untuk profitabilitas dan pertumbuhan berkelanjutan bisnis online. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pada variabel perceived convenience, trust, e-WOM, perceived value, satisfaction terhadap repurchase intention. Penelitian ini mengambil jenis penelitian deskriptif kausalitas dengan pendekatan metode kuantitatif melalui teknik purposive sampling dan didiperoleh 100 responden yang sudah membeli produk pada marketplace Tokopedia dan Shopee lebih dari 3 kali pembelian dalam 1 bulan. Penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Model Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian ini menunjukan repurchase intention terbentuk karena dipengaruhi oleh trust dan satisfaction. Selanjutnya, perceived value dipengaruhi oleh perceived convenience, namun perceived convenience, perceived value, e-WOM tidak berpengaruh terhadap repurchase intention. Dengan demikian, penelitian ini dapat menjadi evaluasi evaluasi pada marketplace Tokopedia dan Shopee dalam meningkatkan pengaruh kebiasaan minat beli secara online.