Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Corporate Social Responsibility

Authors

  • Annisa Nurfitriana STIE Ekuitas
  • Della Rosalin STIE Ekuitas

DOI:

https://doi.org/10.59188/covalue.v14i10.4260

Keywords:

Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, CSR

Abstract

Perkembangan dunia bisnis di indonesia saat ini mengalami peningkatan dari tahun ke tahunnya. Hal ini ditandai dengan semakin banyaknya perusahaan yang tumbuh dan berkembang di lingkungan sekitar masyarakat. Perusahaan sejatinya memiliki limbah yang timbul akibat dari aktivitas produksi. Limbah dari aktivitas produksi tersebut dapat menimbulkan masalah bagi lingkungan, seperti pencemaran lingkungan, polusi, berkurangnya sumber daya alam, dan lain sebagainya Berdasarkan fenomena tersebut, Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran profitabilitas, ukuran perusahaan dan pengungkapan CSR pada perusahaan pertambangan serta menggambarkan hubungan antara profitabilitas dan ukuran perusahaan dengan pengungkapan CSR. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifiaktif dan exploratif. Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan pertambangan sebanyak 47 perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 16 perusahaan.. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan Profitabilitas dan Ukuran Perusahan berpengaruh terhadap Corporate Social Responsibility. Secara parsial Profitabilitas tidak berpengaruh terhadap Corporate Social Responsibility sedangkan Ukuran Perusahaan berpengaruh terhadap Corporate Social Responsibility.

Downloads

Published

2024-04-01