Pengaruh Perceived Usefulness Dan Perceived Ease Of Use Terhadap Kepercayaan Nasabah Dan Implikasinya Terhadap Loyalitas Nasabah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Perceived Usefulness dan Perceived Ease of Use terhadap kepercayaan Nasabah dan implikasinya terhadap loyalitas nasabah pengguna mobile banking di industri perbankan. Data responden kuesioner diperoleh dari nasabah Bank Mandiri pengguna aplikasi livin’ Bank Mandiri, nasabah Bank Jago pengguna aplikasi Jago, nasabah Bank BTPN pengguna aplikasi Jenius, nasabah Bank CIMB Niaga pengguna aplikasi Octo Mobile, nasabah Bank DBSI pengguna aplikasi Digibank dan pengguna aplikasi mobile banking lain. Penyebaran kuesioner secara online menggunakan “Qualtric” terhadap 192 responden. Hipotesis terhadap 5 hipotesis menggunakan analisis SEM PLS dengan SmartPLS 3. Pengujian terdiri dari Outer Model yaitu Uji Convergent Validity, Uji Discriminant Validity, Uji Average Variance Extracted (AVE), Uji Composite Realibility, Uji Cronbach Alpha dan Inner Model yaitu Bootstrapping. Hasil Pengujian menunjukan bahwa H1: Perceived Usefulness berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Loyalitas Nasabah. H2: Perceived Ease of Use berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Nasabah. H3: Perceived Usefulness berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepercayaan Nasabah. H4: Perceived Ease of Use berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepercayaan Nasabah. H5: Kepercayaan Nasabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Nasabah. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada perbankan untuk meningkatkan loyalitas Nasabah dan dapat memberikan manfaat yang baik bagi penelitian selanjutnya.