AKTIVITAS RECEPTIONIST DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN KEPADA TAMU DI LUXTON HOTEL BANDUNG

Authors

  • Swastono Putro Pirastyo Akademi Pariwisata Nasional Indonesia
  • Astuti Astuti Akademi Pariwisata Nasional Indonesia

Keywords:

houseman, penataan, pembersihan

Abstract

Aktivitas Receptionist Dalam Memberikan Pelayanan Kepada Tamu Di Luxton Hotel Bandung. Front Office Department yaitu salah satu department dari hotel yang melayani semua proses mulai dari tamu datang ke hotel baik sebelum check in sampai tamu menyelesaikan pembayaran waktu check out. Tujuan penelitian ini adalah untuk  mengetahui aktivitas Reception dalam memberikan pelayanan kepada tamu di Luxton Hotel Bandung. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data adalah data primer dan data sekunder. Metode pengambilan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian didapatkan aktivitas receptionist pada saat melayani tamu khususnya check-in dan check out sudah baik tetapi fasilitas atau alat bantunya masih belum mendukung. Sehingga dapat dikatakan aktivitas receptionist di Luxton Hotel Bandung masih belum sesuai dengan standart hotel berbintang dikarenakan masih dalam proses grand opening jadi sistem belum berjalan dengan semestinya, sehingga diharapakan kualitas aktivitas receptionist saat pelayanan yang diberikan oleh karyawan reception kepada tamu tetap dipertahankan dan lebih dioptimalkan untuk kepuasan tamu terhadap pelayanan yang diberikan.

Downloads

Published

2020-12-06