Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Industri Pariwisata Dan Strategi Keluar Dari Krisis: Studi Kasus Strategi Pariwisata Kota Nanning Tiongkok

Authors

  • Liu Shi Wei Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
  • Wardiyanta Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
  • Aftoni Sutanto Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/covalue.v14i9.4211

Keywords:

Nanning Guangxi, pandemi COVID-19, industri pariwisata Nanning, masalah dan strategi pengembangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dampak pandemi COVID-19 terhadap industri pariwisata dan strategi untuk keluar dari krisis, dengan mengambil contoh industri pariwisata di kota Nanning, Tiongkok. Wabah COVID-19 menyebar di seluruh dunia, menyebabkan industri pariwisata mengalami kerugian yang besar. Namun, di tengah latar belakang pandemi, bagaimana mengembalikan perkembangan industri pariwisata menjadi masalah yang perlu segera diatasi. Pernetilian ini menggunakan metode analisis literatur, berfokus pada sejauh mana dampak pandemi COVID-19 terhadap industri pariwisata di kota Nanning dan mengusulkan strategi yang sesuai. Pertama, dengan mengumpulkan dan menganalisis literatur terkait dampak pandemi COVID-19 terhadap industri pariwisata, untuk memahami dampaknya terhadap industri pariwisata di kota Nanning. Kedua, mengumpulkan data spesifik industri pariwisata di Nanning selama pandemi, dengan menggunakan metode penelitian kualitatif untuk menganalisis dampak pandemi terhadap industri pariwisata di Nanning. Terakhir, memilih kota Nanning sebagai studi kasus, secara mendalam mendiskusikan bagaimana merumuskan strategi efektif untuk keluar dari krisis di tengah pandemi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pandemi COVID-19 telah memberikan dampak negatif yang signifikan terhadap industri pariwisata di Nanning, seperti penurunan jumlah wisatawan, penurunan pendapatan pariwisata, dan kesulitan di sektor industri pariwisata. Untuk keluar dari krisis, penelitian ini mengusulkan strategi berikut dari berbagai pihak: pertama pemerintah dapat mengambil langkah-langkah seperti dukungan keuangan, dukungan keuangan, survei pasar, pelatihan profesi, pengawasan pasar, dan mendorong transformasi industri pariwisata untuk membimbing perkembangan perusahaan pariwisata dan mempromosikan perkembangan industri pariwisata. Pemerintah juga dapat mempercepat pengembangan industri pariwisata sehat untuk meningkatkan daya saing pasar. Kedua Industri pariwisata di Nanning menghadapi tuntutan baru, seperti memperhatikan kesehatan dan keselamatan wisatawan, menyediakan layanan personalisasi, menarik wisatawan dari negara-negara ASEAN, dan mengembangkan pariwisata budaya. Kebersihan dan manajemen kesehatan merupakan langkah penting untuk memastikan lingkungan pariwisata bersih dan kesehatan karyawan. Promosi dan pemasaran bisnis online akan menjadi lebih penting untuk memenuhi kebutuhan konsumen modern. Pengenalan kebijakan diskon untuk menarik wisatawan, kerja sama dengan perusahaan lain untuk memperluas jangkauan. Merumuskan rencana promosi pemasaran komprehensif untuk meningkatkan popularitas dan daya tarik pariwisata Nanning.

Downloads

Published

2024-02-25