Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Bahan Bakar Minyak Pertamina di Wilayah Jakarta Timur

Authors

  • Resa Nurlaela Anwar Universitas Darma Persada
  • Ellena Nurfazria Handayani Universitas Darma Persada
  • Melani Quintania Universitas Darma Persada
  • Firsan Nova Universitas Darma Persada
  • Fandy Satria Putra Universitas Darma Persada

DOI:

https://doi.org/10.36418/covalue.v14i5.4155

Keywords:

Kualitas Produk, Keputusan Pembelian, Bahan Bakar Minyak, Kualitas Pelayanan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pengguna bahan bakar minyak Pertamina di wilayah Jakarta Timur. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada 100 responden yang telah melakukan pembelian bensin pertalite di pertamina di wilayah Jakarta Timur dengan minimal 3 kali dalam 1 bulan terakhir. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Alat analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif dan regresi linear berganda, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolineritas dan uji heteroskedastistias) dilakukan sebagai persyaratan yang harus dipenuhi dalam analisis regresi linear berganda. Pengujian hipotesis secara simultan menggunakan uji (F), secara parsial menggunakan uji (T). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Kualitas Produk dan Kualitas pelayanan berpengaruh secaa simultan terhadap Keputusan Pembelian. Sedangkan Kualitas Produk secara parsial atau sebagian mempunyai pengaruh terhadap Keputusan Pembelian, dan Kualitas Pelayanan secara parsial parsial atau sebagian mempunyai pengaruh terhadap Keputusan Pembelian.

Downloads

Published

2023-10-25