Pengaruh Pelaporan Pajak Elektronik, Kualitas Pelayanan Fiskus, dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pada KPP Pratama Majalaya Bandung
DOI:
https://doi.org/10.59188/covalue.v14i8.4126Keywords:
Pajak, Pelaporan Pajak Elektronik, Kualitas Pelayanan Fiskus, Kesadaran Wajib Pajak, Kepatuhan Wajib PajakAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi Pengaruh Pelaporan Pajak Elektronik, Kualitas Pelayanan Fiskus, dan Kesadaran Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Majalaya Bandung. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Populasi terdiri dari 361,649 wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Majalaya Bandung, dengan sampel acak sebanyak 100 responden. Analisis data menggunakan SPSS versi 26.0 melalui analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, dan uji hipotesis (t test dan F test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaporan Pajak Elektronik dan Kesadaran Wajib Pajak berpengaruh positif terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Melaporkan SPT, sedangkan Kualitas Pelayanan Fiskus tidak berpengaruh secara parsial. Secara simultan, Pelaporan Pajak Elektronik, Kualitas Pelayanan Fiskus, dan Kesadaran Wajib Pajak secara signifikan memengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Melaporkan SPT, dengan kontribusi sebesar 64.6%. Variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini mempengaruhi sisanya sebesar 35.4%.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Co-Value Jurnal Ekonomi Koperasi dan kewirausahaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.