Analisis Faktor Penentu Keputusan Pembelian Produk Ramah Lingkungan Dikalangan Generation Z Di Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.36418/covalue.v14i7.3976Keywords:
Keputusan Pembelian, Kesadaran Lingkungan, Eco-label, Green Advertising, Sikap, Harga, Produk Ramah LingkunganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kesadaran lingkungan, eco-label, green advertising, dan harga terhadap sikap. Menguji pengaruh sikap, kesadaran lingkungan, eco-label, green advertising, dan harga terhadap keputusan pembelian produk ramah lingkungan. Populasi dalam penelitian ini adalah generasi Z di Provinsi Yogyakarta dengan jumlah sampel yang dipakai sebanyak 170 orang responden. Penelitian ini menggunakan non-probability sampling sebagai metode pengambilan sampling. Teknik penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode survey kuesioner yang disebarkan secara daring menggunakan media google form. Penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) sebagai model analisis yang kemudian diolah menggunakan aplikasi SmartPLS. Hasil analisis dari penelitian ini adalah eco-label dan green advertising berpengaruh positif terhadap sikap sedangkan harga dan kesadaran lingkungan tidak berpengaruh positif terhadap sikap. Harga dan sikap berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian sedangkan kesadaran lingkungan, eco-label, dan green advertising tidak berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Co-Value Jurnal Ekonomi Koperasi dan kewirausahaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.