Pengaruh EPS dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Harga Saham Perusahaan Makanan dan Minuman pada Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2017-2022

Authors

  • Kinarona Ekanareswari Susilo Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Indonesia
  • Martinus Budiantara Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36418/covalue.v14i7.3946

Keywords:

EPS, Harga Saham, Pertumbuhan Penjualan, Bursa Efek Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keputusan investasi investor di pasar modal Indonesia dipengaruhi oleh faktor-faktor fundamental antara lain earning per share (EPS) menjadi indikator penting dalam menilai kinerja perusahaan dan mengukur keuntungan per saham serta pertumbuhan penjualan juga menjadi faktor yang signifikan dalam menentukan kenaikan harga saham. Penelitian ini dilakukan jendengan tujuan untuk mengetahui pengaruh earning per share dan pertumbuhan penjualan terhadap harga saham pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2017-2022. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Total sampel yaitu 30 perusahaan berdasarkan Teknik purposive sampling dari total 34 populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode studi Pustaka dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Secara simultan menunjukan bahwa variabel Earning Per share dan Pertumbuhan Penjualan berpengaruh signifikan terhadap harga saham perusahaan makanan dan minuman di Bursa Efek indonesia. Secara parsial variabel Earning Per Share (EPS) berpengaruh signifikan terhadap harga Saham dan variabel Pertumbuhan Penjualan berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Implikasi dari penelitian ini adalah penelitian ini dapat memberikan panduan kepada investor di sektor makanan dan minuman untuk membuat keputusan investasi yang lebih terinformasi. Menganalisis pengaruh Earning Per Share (EPS) dan pertumbuhan penjualan terhadap harga saham dapat membantu investor memahami faktor-faktor yang dapat memengaruhi kinerja saham perusahaan.

Downloads

Published

2023-12-10