Pengaruh Relationship Quality dan Customer Experience Terhadap Purchase Intention IPhone Bekas di Sosial Media: Facebook dan Instagram

Authors

  • Joni Agam Universitas Esa Unggul
  • Tantri Yanuar Rahmat Syah Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.36418/covalue.v14i5.3943

Keywords:

Social media marketing activity, Relationship quality, Customer experience, Functional value, social value, Emotional value, Purchase intention

Abstract

Seiring bertahannya suatu bisnis tidak hanya berfokus dalam hal memasarkan suatu produk, melainkan dapat menjaga hubungan pelanggan dengan baik. Pelanggan akan memberikan respon yang baik ketika penjual juga memberikan pelayanan serta produk yang tidak akan mengecewakan pelanggan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui lebih lanjut keterkaitan antara hubungan Social media marketing activity, Relationship quality, Customer experience, Functional value, social value, Emotional value dengan Purchase intention.  Penelitian ini dilakukan pada 105 responden yang ada di Indonesia bagi pengguna media  sosial instagram dan facebook dan pengguna produk Iphone. Data kuesioner disebarkan secara online pada bulan Juli 2022. Dengan analisa penelitian menggunakan metode structural equation model (SEM). Sehingga diperoleh hasil sebagai berikut: Social media marketing activity berpengruh positif dengan Relationship quality, Customer Experience berhubungan positif dengan Relationship quality dan Relationship quality berpengaruh  positif terhadap Purchase intention. Meskipun, terdapat hasil penelitian yang menunjukkan tidak adanya pengaruh positif  yaitu hubungan functional value, Emotional value, social value  terhadap purchase intention.

Downloads

Published

2023-10-25