Pengaruh Kemasan dan Label terhadap Keputusan Pembelian
DOI:
https://doi.org/10.36418/covalue.v14i6.3903Keywords:
Kemasan, Label, Keputusan Pembelian, Konsumen, Industri MakananAbstract
Makanan dan minuman menjadi salah satu industri dengan pertumbuhan yang cepat di Indonesia. Salah satu upaya yang dapat dilakukan pelaku usaha dalam menghadapi persaingan yaitu dengan meningkatkan daya tarik produk seperti kemasan dan label yang menarik. Tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisis pengaruh kemasan dan label terhadap keputusan pembelian konsumen produk Kripik Neng Ziezie (Kripzie). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Konsumen produk Kripik Neng Ziezie (Kripzie) merupakan populasi penelitian ini. Teknik nonprobability sampling dipergunakan untuk pengambilan sampel menggunakan metode penentuan sampel dengan teknik purposive sampling dan diperoleh 100 responden. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan kuesioner serta diolah dengan program SPSS menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel kemasan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk Kripik Neng Ziezie (Kripzie), serta variabel label tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk Kripik Neng Ziezie (Kripzie). Variabel kemasan dan label berpengaruh signifikan secara simultan atau bersama-sama terhadap keputusan pembelian produk Kripik Neng Ziezie (Kripzie).