Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif Pada Kegiatan Usaha Kuliner UMKM Di Kota Sampang

Authors

  • Siti Khotijah Universitas Trunojoyo Madura
  • Anugrahini Irawati Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.36418/covalue.v14i6.3863

Keywords:

Strategi Pembangunan, Ekonomi Kreatif, UMKM Kuliner

Abstract

Sektor kuliner di kota Sampang, dipilih sebab ekonomi kreatif yang dilakukan industri kreatif dianggap bisa mengembangkan SDM berbekal ilmu pengetahuan, aktivitas dan inovasi. Pengembangan kreativitas ini merupakan suatu keunggulan kompetitif bagi bangsa dan memberikan dampak sosial yang positif. Namun dalam usaha mengembangkan hal tersebut, terdapat beberapa permasalahan yang dialami oleh pelaku UMKM kuliner. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan-permasalahan yang sedang dihadapi, dan bagaimana strategi pengembangan ekonomi kreatif pada kegiatan usaha kuliner oleh UMKM kuliner di kota Sampang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permasalahan yang dihadapi pelaku UMKM kuliner di kota Sampang terletak pada SDM, penggunaaan teknologi, dan manajemen keuanga. Strategi pengembangan yang dilakukan dengan memperhatikan bentuk kemasan dan keindahan dalam setiap produk atau masakan yang disajikan, selalu melakukan inovasi-inovasi untuk meningkatkan jumlah atau variasi produk, menjaga ketersediaan pasokan bahan baku untuk pengolahan dan produksi produk, menjaga kualitas bahan baku, melakukan Quality control untuk memastikan produk atau masakan yang di produksi dalam keadaan baik sebelum disajikan kepada konsumen.

Downloads

Published

2023-11-25