Analisis Risiko Implementasi Digital Gold Pada Transaksi Emas Retail
DOI:
https://doi.org/10.36418/covalue.v14i5.3820Keywords:
Analisis Resiko, Emas Retail, Digital GoldAbstract
Penelitian ini mengeksplorasi PT XYZ Tbk., perusahaan pertambangan yang juga memasarkan produk logam mulia seperti emas dan perak. Metode penelitian kuantitatif digunakan untuk mengumpulkan data dan mengukur risiko dengan rumus R = P × D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa risiko meliputi kesalahan input data oleh konsumen, kesalahan input oleh Customer Service, dan risiko hilangnya barang saat pengiriman oleh pihak ketiga. Perusahaan berkomitmen untuk mendigitalisasi proses penjualan emas dengan implementasi "Digital Gold," namun mereka juga harus memitigasi risiko yang mungkin muncul seiring dengan digitalisasi, terutama terkait dengan keamanan data dan layanan online. Penelitian ini memberikan wawasan berharga dalam mengelola risiko transaksi online dalam bisnis penjualan emas retail dan menyoroti pentingnya keamanan data dalam lingkungan bisnis yang semakin digital.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Co-Value Jurnal Ekonomi Koperasi dan kewirausahaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.