Analisis Risiko Implementasi Digital Gold Pada Transaksi Emas Retail

Authors

  • Johan Bramanto Universitas Kristen Indonesia
  • Adolf B Heatubun Universitas Kristen Indonesia
  • M. L. Denny Tewu Universitas Kristen Indonesia
  • Yoel Triyanto STT Ekumene

DOI:

https://doi.org/10.36418/covalue.v14i5.3820

Keywords:

Analisis Resiko, Emas Retail, Digital Gold

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi PT XYZ Tbk., perusahaan pertambangan yang juga memasarkan produk logam mulia seperti emas dan perak. Metode penelitian kuantitatif digunakan untuk mengumpulkan data dan mengukur risiko dengan rumus R = P × D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa risiko meliputi kesalahan input data oleh konsumen, kesalahan input oleh Customer Service, dan risiko hilangnya barang saat pengiriman oleh pihak ketiga. Perusahaan berkomitmen untuk mendigitalisasi proses penjualan emas dengan implementasi "Digital Gold," namun mereka juga harus memitigasi risiko yang mungkin muncul seiring dengan digitalisasi, terutama terkait dengan keamanan data dan layanan online. Penelitian ini memberikan wawasan berharga dalam mengelola risiko transaksi online dalam bisnis penjualan emas retail dan menyoroti pentingnya keamanan data dalam lingkungan bisnis yang semakin digital.

Downloads

Published

2023-10-20