Pengaruh Penetapan Harga terhadap Volume Penjualan pada Perusahaan Kontraktor PT. Alpha Net Pratama Mandiri

Authors

  • Auliyya Annisa Rahmat Wahyu Universitas Jayabaya
  • Jakfar Jakfar Universitas Jayabaya

DOI:

https://doi.org/10.36418/covalue.v14i4.3815

Keywords:

Penetapan Harga, Volume Penjualan

Abstract

Pemasaran memegang peranan yang sangat penting, karena pemasaran merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan, perkembangan terhadap perusahaan, dan mencapai laba dengan meningkatkan volume penjualan. Strategi penetapan harga merupakan unsur dari marketing mix. Harga dianggap sebagai salah satu faktor yang menentukan perusahaan tapi, strategi harga bukanlah merupakan satu-satunya cara untuk mengatasi berbagai persoalan dalam perusahaan, namun setiap perusahaan hendaknya mempertimbangkan secara matang setiap keputusan dalam masalah harga. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder. Data dikumpulkan secara sekunder selama periode 5 tahun atau 60 bulan terakhir. Teknik analisis dikembangkan secara deskriptif dengan menggunakan analisis time series, dan secara induktif dengan menggunakan analisis regresi. Variabel yang diamati adalah Penetapan Harga terhadap Volume Penjualan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak berpengaruh dan tidak signifikan antara Penetapan Harga terhadap volume penjualan, hal tersebut diketahui dari hasil uji hipotesis yang diperoleh thitung < ttabel ( 0.571 < 2.02108 ), artinya secara parsial tidak berpengaruh dan tidak signifikan antara Penetapan Harga terhadap Volume Penjualan. Sedangkan berdasarkan analisis koefisien deteminasi diperoleh hasil sebesar 1,5%. Menunjukkan penetapan harga memberikan kontribusi sebesar 1,5% terhadap volume penjualan, sedangkan sisanya 98,5% merupakan kontribusi dari faktor-faktor lainnya diluar penetapan harga yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Downloads

Published

2023-09-25