Peran Customer service Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Kepada Pelanggan Pada Semaya One Hotel

Authors

  • Erick Ivan Gian 1Universitas Pertamina
  • Ni Nyoman Yulianthini Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja
  • Putri Dwi Novrina STIE PembangunanTanjungpinang
  • Florentina Blandina Parapaga Universitas Musamus
  • I Putu Ajie Windu Kertayoga Politeknik Negeri Lampung
  • Mira Veranita Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

DOI:

https://doi.org/10.36418/covalue.v14i4.3809

Keywords:

Kualitas Produk, Produk, Kepuasan Konsumen, Konsumen

Abstract

Pada era global masyarakat kita akan mengarah terhadap masyarakat digitalisasi, yaitu masyarakat yang menempatkan digital sebagai kekuatan untuk beraktivitas untuk menjalankan kegiatan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak SOP terhadap pelayanan pelanggan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan menggunakan jenis deskriptif-kualitatif, serta menggunakan data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. selanjutnya, teknik pengolahan data, analisis data dilakukan dalam tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian peran customer service dalam memberikan pelayanan ada dua kategori, diantaranya adalah dasar service strategy yang meliputi karyawan yang bertugas pada bagian customer service harus ramah dan komunikatif. Sedangkan kualitas pelayanan utama meliputi efikasi diri, jujur, terpercaya, sosial, peduli lingkungan dan berinovasi.

Downloads

Published

2023-09-25