Pengaruh Influencer Marketing Terhadap Brand Awareness Suatu Produk

Authors

  • Novita Yuli Kurniati Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36418/covalue.v14i5.3790

Keywords:

Inluencer Marketing, Brand Awareness, Digital Marketing

Abstract

Dunia bisnis sekarang telah semakin berkembang, dengan masuknya era industri pada era 4.0 juga mengharuskan pelaku bisnis untuk beradaptasi dengan pemasaran digital. Dengan semakin banyaknya pelaku bisnis pada dunia sosial, maka dibutuhkan juga strategi pemasaran yang bagus agar bisnis dapat selalu berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh influencer marketing terhadap brand awareness atau kesadaran akan adanya merek/brand. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode literatur review dari jurnal yang meneliti mengenai influencer marketing dengan brand awareness. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum hasil dari sembilan jurnal menunjukkan pengaruh positif penggunaan jasa influencer marketing untuk menaikkan brand awareness suatu produk, satu jurnal yang menunjukkan keterhubungan yang tidak signifikan jika hanya memperhitungkan faktor jangkauan saja (jumlah follower) namun juga perlu memperhitungkan faktor relevansi dan juga resonansi. Sementara dua jurnal lainnya menunjukkan bahwa iklan yang dipasang pada sosial media lebih berpengaruh positif daripada menggunakan jasa influencer marketing.

Downloads

Published

2023-10-20