Peran Kompetensi Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Melalui Motivasi
DOI:
https://doi.org/10.36418/covalue.v14i2.3699Keywords:
Kualitas Produk, Produk, Kepuasan konsumen, KonsumenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh: (1) kompetensi terhadap motivasi, (2) kompetensi terhadap kinerja karyawan, (3) motivasi terhadap kinerja karyawan. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif kausal. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah karyawan pada Hotel New Garuda dan objek penelitian adalah [kompetensi, kinerja karyawan dan motivasi. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Hotel New Garuda berjumblah sebanyak 28 orang. Data dikumpulkan dengan wawancara, pencatatan dokumen dan metode kuesioner, serta dianalisis dengan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kompetensi berpengaruh signifikan terhadap motivasi, (2) kompetensi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, (3) motivasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan.