Analisis Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Tingkat Penjualan pada PT. Sinar Sosro Cabang Cirebon
DOI:
https://doi.org/10.36418/covalue.v14i3.3689Keywords:
Biaya, Promosi, Penjualan, ProdukAbstract
Masalah Pokok dalam penelitian ini adalah apakah biaya promosi berpengaruh pada tingkat penjualan produk minuman pada PT.Sinar Sosro Cabang Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode analisis kuantitatif, tempat dan waktu penelitian yaitu PT. Sinar Sosro Cabang Cirebon, waktu penelitian yakni pada bulan maret – juni 2018. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif, Sumber data yaitu data sekunder yang diperoleh dengan mengumpulkan data produksi dan penjualan selama 3 tahun terakhir yaitu tahun 2017-2019. Metode pengumpulan data meggunakan metode studi kasus (Case study method) dan penelitian pustaka (library research), serta penelitian lapangan (field reserch), adapun variabel yang digunakan adalah variable bebas (Biaya Promosi) dan variable terikat ( Tingkat Penjualan). Data Pengujian Kaulitas hasil biaya promosi terhadap peningkatan penjualan baik secara Korelasi (Hubungan), Regresi (Pengaruh),maupun Uji Signifikansi (Uji t). Koefisien Korelasi antara hasil biaya promosi dan tingkat penjualan sebesar 0,834 termasuk dalam kategori hubungan sangat kuat. Thitung (8,84) lebih besar dari t tabel (2,032) atau thitung berada didaerah penolakan H0 dengan demikian H0 ditolak atau Ha diterima. Yang mengandung makna bahwa Koefisien Korelasi yang diperoleh dari sampel dapat diberlakukan pada populasi, atau hasil penelitian 0,834 dinyatakan signifikan. Koefisien Determinasi adalah 0,8342 sama dengan 0,6956. Hal tersebut menunjukan bahwa Pengaruh Hasil Biaya Promosi Terhadap Tingkat Penjualan mencapai 0,6956 atau 69,56 % sedangkan sisanya 30,44 % dipengaruhi oleh faktor lainnya. Persamaan Regresi Linear Y = 253,6404 + 0,0042 X. Persamaan tersebut mempunyai makna bahwa jika nilai X dinaikkan satu satuan maka Y akan meningkat sebesar 0,0042 pada konstanta 253,6404.