Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Persepsi Kewirausahaan, dan Self-Efficacy terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Akuntansi
DOI:
https://doi.org/10.36418/covalue.v14i2.3645Keywords:
Pendidikan Kewirausahaan, Persepsi, Self-Efficacy, Minat BerwirausahaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kewirausahaan, persepsi, dan self-efficacy terhadap minat berwirausaha mahasiswa program studi S1 Akuntansi Universitas Udayana. Jumlah populasi yang digunakan sebanyak 255 mahasiswa, sedangkan sampelnya sebanyak 156 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan tidak berpengaruh terhadap minat berwirausaha mahasiswa akuntansi. Persepsi berpengaruh terhadap minat berwirausaha mahasiswa akuntansi. Self-efficacy berpengaruh terhadap minat berwirausaha mahasiswa akuntansi. Disarankan proses pembelajaran di perguruan tinggi perlu diperbaiki, baik dari peran dosen maupun kurikulumnya sehingga pembelajaran lebih menarik dan mahasiswa paham dengan apa yang disampaikan oleh dosen. Bagi mahasiswa Akuntansi baik dari Universitas Udayana maupun perguruan tinggi lainnya sebaiknya dapat mempersiapkan diri baik untuk memasuki dunia kerja maupun terjun untuk berwirausaha.