Pengaruh Customer Relationship, Product Destination, Dan Service Quality Terhadap Kepuasan Wisatawan

Authors

  • Hizbul Hadi Nawawi Universitas Hasanuddin
  • Indriyanti Sudirman Universitas Hasanuddin
  • Abd. Razak Munir Universitas Hasanuddin
  • Nisma Iriani Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.36418/covalue.v14i2.3577

Keywords:

Customer relationship management, Product destination, Service quality, Kepuasan wisatawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh customer relationship management, product destination, service quality terhadap kepuasan wisatawan, serta mengetahui dan menganalisis variabel bebas yang dominan berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan Hotel Same Resort Bira, Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat deskriptif melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan desain kausal. Pengumpulan data melalui penyebaran questioner kepada pengunjung 100 orang, kemudian data diolah dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa customer relationship management secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan Hotel Same. Product destination secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Service quality secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Customer relationship management, product destination, dan service quality secara simultan berpengaruh sangat signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Variabel bebas product destination berpengaruh dominan terhadap kepuasan wisatawan.

Downloads

Published

2023-07-25