Riset pembelian berulang berdasarkan kepuasan Konsumen rumah makan Padang Payakumbuah Bogor Menggunakan Metode IPA
DOI:
https://doi.org/10.36418/covalue.v14i2.3565Keywords:
Kepuasan konsumen, Metode IPA, Pembelian berulangAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kepentingan dalam pengambilan keputusan pembelian berulang dan tingkat kepuasan pelanggan di Rumah Makan Padang Payakumbuah. Metode analisis yang digunakan adalah metode IPA (Importance Performance Analysis) kepada 100 orang panelis dengan dua jenis faktor penting (tingkat kepuasan dan kepentingan). Hasil terbagi pada empat kuadran, kuadran pertama/atribut prioritas terdapat 3 atribut (pegawai tanggap, pegawai melayani dengan ramah, alat makan higienis). Pada kuadran kedua/atribut perlu dipertahankan terdapat 8 atribut (kenyamanan tempat makan, mushola dan toilet, tempat parkir luas, pegawai rapi, sigap, cepat dan memberikan sapaan). Pada kuadran ketiga/atribut prioritas rendah terdapat 6 atribut (ruang makan bersih, pegawai memberikan perhatian individu dan menggunakan APD, makanan enak, sesuai selera, harga terjangkau dan tampilan menggugah selera). Dan pada kuadran keempat/atribut berlebihan terdapat 2 atribut (pegawai melayani sesuai kebutuhan, lokasi mudah ditemukan). Rumah Makan Padang Payakumbuah dapat mempertahankan dan meningkatkan atribut pada kuadran 1 dan 2 dan dapat memperbaiki atribut pada kuadran 3 dan 4.