Analisis Tata Letak Retail Xyz Menggunakan Entity Relationship Chart Dan Total Closeness Rating
DOI:
https://doi.org/10.36418/covalue.v14i1.3465Keywords:
Tata letak, Retail, ERC, TCRAbstract
Tata letak ritel (layout retail) pada toko retail XYZ memiliki ruang toko yang belum dimanfaatkan secara efektif karena sejumlah rak dan area lain belum dapat meningkatkan penjualan secara maksimal. Untuk memudahkan pelanggan membeli produk dan menarik klien baru, diperlukan strategi penataan yang tepat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara teknik observasi dan studi literatur. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode Entity Relationship Chart (ERC) dan Total Closeness Rating (TCR) untuk memperoleh Layout solution. Layout solution akan disusun berdasarkan tingkat hubungan atau kepentingan masing-masing departemen. Dari hasil pengamatan dan observasi yang dilakukan didapatkan perbandingan hasil perencanaan tata letak. Hasil perencanaan tata letak sebelum dan setelah dilakukan menggunakan pendekatan ERC (Entity Relationship Chart) dan TCR (Total Closeness Rating). Penempatan fasilitas mengalami perubahan pada (1) Perubahan penempatan area minyak agar konsumen dapat melihat rak tersebut secara keseluruhan; Pada bagian (2) Chicken yang disatukan dengan produk sejenis dan berdekatan dengan barang komplemennya seperti mie instan, saus, dan sosis; (3) Perubahan penempatan ice cream dan air mineral bagian depan dekat pintu masuk. Dari pembahasan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan analisis ERC terdapat perubahan yang mempermudah aliran konsumen sehingga berdampak pada peningkatan profit perusahaan.