Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kopi Vokasi Dengan Metode Importance Performance Analysis
DOI:
https://doi.org/10.36418/covalue.v14i1.3410Keywords:
Importance Performance Analysis, Kopi Vokasi, Kepuasan Konsumen, Kepentingan PelayananAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui atribut-atribut pelayanan yang dianggap penting untuk konsumen, mengukur taraf kepentingan pelayanan di Kopi Vokasi, mengukur tingkat kinerja konsumen terhadap pelayanan di Kopi Vokasi serta menentukan atribut-atribut apa yang perlu menerima prioritas perusahaan sesuai taraf kepentingan serta kinerja untuk memberikan kepuasan terhadap konsumennya dengan menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA) di Kedai Kopi Vokasi. Jenis penelitian yg digunakan merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang dipergunakan sebesar 90 responden menggunakan metode purposive sampling. Data yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner secara online. Kedai kopi Vokasi dinilai menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) berdasarkan taraf kinerja perusahaan serta taraf kepentingan pelanggan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa atribut dengan taraf kepuasan tertinggi terhadap kualitas pelayanan merupakan karyawan mampu memberikan informasi kepada pelanggan dengan bahasa yang mudah dimengerti dengan tingkat kesesuaian sebesar 107%. Atribut taraf kepuasan terendah terhadap kualitas pelayanan adalah karyawan memahami kebutuhan pelanggan dengan tingkat kesesuaian 106%. Sementara itu, atribut yang wajib menerima prioritas pelayanan adalah atribut yang menempati kuadran I yaitu, kecepatan waktu penyajian.