Pengaruh Promosi Gratis Ongkir Terhadap Impulse Buying dengan Flash Sale Sebagai Variable Intervening Pada E-Commerce Shopee

Authors

  • Nur Saebah Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Layaman Layaman Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.36418/covalue.v13i3.1975

Keywords:

Promosi Gratis Ongkir, Flash Sale, Impulse Buying, Shopee

Abstract

Latar belakang: Tingginya minat berbelanja online terutama kalangan mahasiswa membuat banyak e-commerce baru bermunculan di Indonesia, salah satunya yaitu Shopee. Program promosi gratis ongkir dan flash sale membuat Shopee menjadi salah satu platform belanja online yang populer di Indonesia. Waktu yang terbatas pada program promosi gratis ongkir dan flash sale menimbulkan kesan dibenak konsumen bahwa penawaran tersebut hanya berlangsung sekali sehingga memotivasi konsumen untuk melakukan pembelian impulsif.

Tujuan penelitian: untuk mengetahui seberapa kuat pengaruh langsung atau tidak langsung antara promosi gratis ongkir terhadap impulse buying pada aplikasi Shopee dengan flash sale sebagai variable   intervening.

Metode penelitian: pendekatan kuantitatif. Data yang diperoleh dari penyebaran angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas, uji analisis jalur, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi.

Hasil penelitian: secara persial promosi gratis ongkir memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying, promosi gratis ongkir berpengaruh positif dan signifikan terhadap flash sale, flash sale memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying. Dan secara simultan promosi gratis ongkir secara tidak langung berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying yang dimediasi oleh flash sale pada e-commerce Shopee secara bersama-sama (simultan).

Kesimpulan: Promosi gratis ongkir berpengaruh terhadap impulse buying melalui flash sale sebagai variable intervening pada e-commerce Shopee  

Downloads

Published

2022-12-06