Pengaruh Lokasi Usaha, Alokasi Waktu, Dan Lama Usaha Terhadap Pendapatan Pedagang Kaki Lima Di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Siti Rohmawati Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam, IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Ila Navilah Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam, IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Nining Wahyuningsih Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam, IAIN Syekh Nurjati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.36418/covalue.v13i3.1974

Keywords:

Lokasi Usaha, Alokasi Waktu, Lama Usaha, Pendapatan

Abstract

Latar belakang: Pedagang Kaki Lima adalah pedagang yang memiliki modal dan pendapatan yang relatif kecil, yang tidak memiliki tempat yang permanen dan terkadang berpindah dari tempat satu ke tempat yang lainnya. Dalam berdagang, setiap pedagang memiliki tujuan untuk meningkatkan pendapatan. Hal ini dapat ditentukan oleh faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan pedagang seperti lokasi usaha, alokasi waktu, dan lama usaha.

Tujuan penelitian: mengetahui apakah ada pengaruh lokasi usaha, alokasi waktu, dan lama usaha terhadap tingkat pendapatan pedagang kaki lima pada masa pandemi covid-19 di wilayah Desa Warukawung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 54 responden.

Metode penelitian: Metode analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan model analisis pengukuran dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji persayaratan asumsi, uji model analisis regresi linier berganda, uji hipotesis serta uji koefisien determinasi.

Hasil penelitian: secara parsial variabel lokasi usaha dan alokasi waktu berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan pedagang kaki lima pada masa pandemi covid- 19 di wilayah Desa Warukawung. Sedangkan variabel lama usaha tidak berpengaruh terhadap pendapatan pedagang kaki lima pada masa pandemi covid-19 di wilayah Desa Warukawung. Serta secara simultan variabel lokasi usaha, alokasi waktu, dan lama usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan pedagang kaki lima pada masa pandemi covid-19 di wilayah Desa Warukawung.

Kesimpulan: secara parsial, lokasi usaha, alokasi waktu, berpengaruh, sedangakan lama usaha tidak berpengaruh terhadap pendapatan pedagang kaki lima serta secara simultan, lokasi usaha, alokasi waktu, dan lama usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan pedagang kaki lima pada masa pandemi covid-19 di wilayah Desa Warukawung.

Downloads

Published

2022-12-06