Dampak Perkembangan Ilmu Teknologi Dalam Hidup Manusia Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM

Authors

  • Chiska Nova Harsela Universitas Gunung Jati Cirebon
  • Putri Amalia Zubaedah IAIN Syekh Nurjati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.36418/covalue.v12i3.1241

Keywords:

Ilmu Teknologi, Daya Saing, UMKM

Abstract

Latar belakang: Ada beberapa pelaku UMKM yang belum bisa menerima untuk beralih penjualannya menggunakan teknologi e-commerce.

Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak dari perkembangan ilmu teknologi dalam hidup manusia untuk meningkatkan daya saing UMKM.

Metode penelitian: Metode studi kasus digunakan pada penelitian ini dimana studi kasus ini mempelajari tentang latar belakang keadaan dari sebuah fenomena. Metode studi kasus ini adalah salah satu metode deskriptif, dengan          tujuan   mencari berbagai informasi mengenai bagaimana dampak perkembangan ilmu teknologi dalam meningkatkan daya saing UMKM di Desa Pamijahan, Kecamatan Plumbon, Kabupaten  Cirebon.

Hasil penelitian: Para pelaku UMKM yang sudah menerima manfaat dari e-commerce berpandangan bahwa pemanfaatan e-commerce dapat memperluas pemasaran, memberikan efisiensi bisnis, biaya operasional terkendali, tidak terbatas ruang dan waktu dan dapat meningkatkan pendapatan.

Kesimpulan: Secara garis besar pemanfaatan e-commerce dapat menjadi strategi bersaing yang akan meningkatkan daya saing UMKM. Hal ini ditunjukkan dengan jangkauan pemasaran UMKM di Desa Pamijahan tidak hanya di sekitar Kabupaten Cirebon, tetapi sudah mencapai luar kota dan luar Jawa.  

Downloads

Published

2021-12-06