Analisis Sistem Reward dan Punishment Terhadap Kinerja Pegawai

Authors

  • Fa’iqotul Fauziyah IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Rio Renaldi AMIK Bumi Nusantara Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.36418/covalue.v12i3.1236

Keywords:

Reward, Punishment, Kinerja, Bank Muamalat

Abstract

Latar belakang: Dalam era sekarang ini banyak perusahaan yang menerapkan sistem syariah dalam operasioanalnya termasuk penerapan reward dan punishment, namun tidak semua perusahaan bisa mengaplikasikan reward dan punishment yang benar-benar telah disesuaikan.

Tujuan penelitian: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana analisis sistem reward dan punishment yang ada di Bank Muamalat Cirebon serta bagaimana sistem reward dan punishment terhadap kinerja karyawan Bank Muamalat Cirebon.

Metode penelitian: Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang berupa studi kasus. Tempat penelitian ini adalah di Bank Muamalat Cirebon. Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara dan dokumentasi dengan validitas data menggunakan triangulasi. Analisis data dengan menggunakan data collection, data reduction, data display, dan conlussion drawing/verification.

Hasil penelitian: Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa sistem reward dan punishment ini perlu diberlakukan karena semakin mempengaruhi kinerja karyawan. Karyawan semakin bertanggung jawab dalam bekerja sesuai job description, memiliki tugas atau target yang harus dicapai masing-masing, baik secara pribadi maupum team. Minimalnya, karyawan mampu mencapai setengah dari total keseluruhan target KPI. Adanya reward berupa insentif dan kenaikan jenjang karir, semakin mempengaruhi kinerja karyawan.

Kesimpulan: Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa karyawan Bank Muamalat Cirebon dengan adanya sistem reward yang disiapkan oleh manajemen makin termotivasi untuk bekerja, diawali niatan Lillahi taála, mereka semakin memiliki target atau tujuan yang terarah dan jelas. Sedangkan punishment dalam praktiknya hampir tidak ditemukan di lokasi penelitian, hal ini selain manajemen sudah menerapkan regulasi punishment, juga karena karyawan Bank Muamalat Cirebon menyadari bahwa bekerja merupakan ibadah

Downloads

Published

2021-12-06